Tips Agar Skripsi Cepat Selesai

Skripsi sesuatu yang menjadi momok menyeramkan bagi anda yang tidak suka atau tidak terbiasa menulis. Ada banyak kendala dalam mengerjakan skripsi mulai dari tidak adanya ide, tidak bisa menulis, sampai pada dosen yang sulit ditemui saat bimbingan. Bagi anda yang sekarang lagi menyusun skripsi dan mengalami hal yang serupa maka jangan khawatir karena anda bisa lakukan hal berikut ini :

1. Lakukan "Brandstorming" Ide
Ide terkadang sulit ditemukan dan terkadang sangat mudah. Cara mendapatkan ide yang paling mudah adalah mulai dari hal yang anda sukai dan hal yang paling ada fahami. Jika anda dari jurusan ilmu komputer, anda suka mengkoding sebuah program aplikasi maka anda bisa memulai ide dengan hal tersebut misalnya "Analisa Pengaruh Aplikasi xyz Terhadap UKM keripik tempe". Jika memang tidak pernah terlintas ide coba laukan brandstorming yaitu dengan diskusi kepada teman-teman anda secara intensif sampai mendapat sebuah ide atau gambaran.


2. Lakukan Konsultasi Ke Dosen dengan Rutin
Dosen anda terkenal killer, jutek, bikin jantung mau copot saat ditemui. Jangan khawatir dosen juga manusia terkadang baik, dan terkadang jutek sama saja dengan kita. Sejutek apapun dosen kalau kita berusaha dengan sabar dan telaten dalam konsultasi maka beliau juga akan berkenan. Intinya adalah kesungguhan dan keuletan kita untuk serius dalam mengerjakan skripsi kita. Sesibuk apapun dosen maka carilah berbagai macam alasan agar anda bisa konsultasi. Jika anda sudah masuk gelombang terakhir dalam angatan anda maka cobalah untuk membuat beberapa perumpamaan saat konsultasi "Saya sudah disuruh nikah pak, jadi saya target skripsinya selesai cepat pak" dan lain sebagainya. Biasanya dengan sedikit merendahkan hati saat konsultasi ke dosen maka hati dosen akan luluh dengan sendirinya. Di saat kita menunjukan keseriusan maka dosen juga akan senang dan mendukung kita. Intinya tunjukan keseriusan, keuletan dan ketekunan. Dengan konsltasi intensif maka bisa jadi anda akan diberi ide oleh dosen seputar penelitian yang sudah dilakukan beliau sebelumnya.



3. Jangan Takut Tulisan Anda Tidak Bagus
Takut menulis karena takut salah merupakan hambatan terbesar dalam menyelsaikan skripsi. Apapun yang telintas dibenak anda saat menulis skripsi maka tulis saja, salah benarnya nanti bisa anda edit. Atau jika anda benar-benar bingung maka anda bisa bertanya kepada teman anda yang sudah biasa menulis proposal atau skripsi. Ingat jangan malu untuk bertanya kepada yang lebih ahli. Buang rasa malu dan gengsi anda demi kelulusan yang sudah di depan mata.

4. Analisakan Data Statistik Skripsi Anda
Skripsi umunya menyimpulkan sebuah data yang kemudian dibahas dengan mengaitkannya dengan literatur yang mendukung data yang dibahas. Data skripsi supaya bisa disimbulkan harus melalui uji hipotesis dengan melakukan analisa data statistik. Jika anda bukan ahli statistik maka akan sangat memakan banyak waktu untuk mempelajari data statistik dari awal. Untuk meringankan beban anda maka anda bisa meanganalisakan data skripsi anda kepada ahli analisa data statistik. Dengan demikian skripsi anda akan lebih cepat selesai.

Untuk analisa data statistik skripsi hubungi : 0812-3205-4583
 

Comments

Popular posts from this blog

Apa Itu Uji BNT, DMRT dan BNJ

Bedanya RAK dengan RAL?

Membuat Power Point Yang Menarik